HTML Apa Itu ?

0 BYAdmin

Selamat datang di dunia web development, maupun web design. Ini adalah start awal di mana nantinya Anda akan semakin sering menemukan sintax-sintax yang kemungkinan bila Anda seorang yang betul-betul awam akan merasa sedikit aneh. Dikarenakan belum terbiasa. Tapi lama kelamaan akan terbiasa, dan jadi kebiasaan.  

Sebelum masuk ke dalam topik pembahasan mengenai HTML, saya perlu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang lumrah yang biasanya muncul dari para pemula yang ingin mempelajari "cara membuat website" , namun perlu diketahui terlerbih dahulu kini website sudah sangat berkembang tidak hanya website yang "mungkin" Anda mengira hanya sekedar website, namun teknologi nya berkembang pesat, sehingga persepsi Anda mengenai website pun harus ditumbuhkembangkan juga, menjadi website itu lebih dari sekedar website, lebih tepatnya aplikasi berbasis website. Namun bergantung kebutuhan juga.

Bergantung kebutuhan disini bisa dicontohkan seperti misalnya jika Anda ingin membuat blog, atau company profile, bisa dikatakan website biasa. Namun company profile pun bisa berkembang lagi misalnya dalam company profile terdapat sebuah informasi yang didalamnya di ambil dari sebuah database yang mana database ini diinputkan secara live oleh robot-robot fisik yang menghitung stok yang ada dalam gudang dari suatu perusahaan misalnya. Kita hanya melihat halaman website saja, namun proses dibelakangnya sangat amazing. Atau berhubungan dengan camera cctv yang mana dari sebuah halaman website Anda bisa menggerakan camera cctv ke atas ke bawah, dan mempengaruhi letak kamera secara fisik di lapangan. 

Teknologi website berkembang pesat, berawal dari sebuah halaman website sederhana. Saya tidak akan menyebutkan nama-nama teknologinya, daripada nantinya Anda keburu mual karena saking banyaknya. Tapi Anda bisa berangan-angan secara liar, tidak ada yang melarang. Namun untuk bisa merealisasikan angan-angan Anda tersebut, diawali dari sebuah langkah kecil. Yakni mempelajari HTML. Yang mana pembahasan mengenai HTML akan kita pelajari dalam ilmuwebsite.com/perpus kanal web development di dalam kategori HTML.  

Lalu Apa Itu HTML ? 

HTML merupakan standar pemrogaman dalam membuat halaman website, terdiri dari kode-kode yang bisa dibilang sederhana. Dimana kode-kode yang diketikkan lalu disimpan ke dalam sebuah file berekstensi .html, apa bila dibuka filenya menggunakan web browser kode-kode tersebut akan memerintahkan web browser seperti chrome ataupun firefox mengkonversi kode-kode tersebut nya menjadi sebuah tampilan yang terdiri dari teks, grafis, animasi, link maupun video dan audio. 

Sebagian expert mengatakan bahwa HTML tidak layak disebut sebagai bahasa pemrogaman, karena bahasa pemgoraman memiliki logika pemrogaman, . HTML tidak, bahkan tidak memiliki 4 sifat dari bahasa pemrogaman umumnya, terkecuali HTML 5 yang kini hadir dengan fitur-fiturnya yang luar biasa. Sangking luar biasanya, kini game console dengan bantuan HTML 5 game engine bisa dipindahkan untuk tampil pada "yang katanya" hanya sekedar halaman website. 

OKe lalu bagaimana membuat halaman HTML ? Dalam membuat halaman HTML diperlukan editor text yang digunakan untuk menuliskan kode-kode HTML. Contohnya seperti Notepad, ya notepad. 

Selain editor text, Anda juga perlu sebuah browser untuk menjalankan halaman htmlnya. Browser internet, Anda bisa menggunakan chrome firefox, dan yang lainnya silahkan disebutkan.

Baiklah kita akan coba masuk ke dalam praktik sederhana, yakni membuat suatu dokumen / halaman HTML yang sangat sederhana. Dan belum mengikuti standar HTML yang tervalidasi validator.w3.org. Saya belum akan menjelaskan dulu validator dari w3. Nanti saja.

Sekarang silahkan buka notepad Anda, ketikkan di dalamnya seperti ini 

<h1>CONTOH HALAMAN HTML</h1>

Lalu simpan dengan nama, html-dasar-01.html , caranya adalah klik save 

lalu di bagian save as type diganti menjadi All Files seperti pada gambar di bawah ini 

Kemudian Anda jalankan file nya di browser, bagaimana hasilnya ? Jika tampilannya sudah seperti pada gambar di bawah ini :

maka Anda telah berhasil menyelesaikan pembelajaran kali ini...