Kuasai Ini Sebelum Belajar Programming

0 BYAdmin

Nah Loh? Yang harus Anda kuasai sebelum belajar lebih jauh mengenai dunia programming adalah pelajarilah algoritmanya. Apakah musti belajar algoritma secara teori? Tidak juga. Karena pada kenyataannya para ilmuwan itu menuliskan teori berdasarkan dari eksperimen, pengalaman, praktik. Jadi semuanya bukan dari teoritis belaka. Tapi pada dasarnya ilmu itu berawal dari praktiknya. Begitulah. Jadi musti bagaimana? Ya kita akan belajar algoritma, mempelajari algoritmanya sambil mempraktikannya menggunakan bahasa pemrogaman. Learning by doing.

Banyak pemula yang biasanya melewati  proses mempelajari algoritma ini, karena merasa pusing duluan sebelum mengetahui yang sebenarnya, bahwa programming tidak sepusing yang dibayangkan. Dahulu kala ketika saya masih duduk di bangku kuliah pun banyak sekali mahasiswa yang berguguran dan akhirnya pindah ke jurusan lain karena mual-mual dalam mempelajari algoritma programming. Sungguh teramat disayangkan sekali.

Algoritma itu ibarat sebuah jembatan, yang mampu menghubungkan antara logika manusia ke dalam logika bahasa pemrogaman. Algoritma ini semacam urutan perintah yang dari situlah menghasilkan suatu keutuhan perintah-perintah yang akhirnya dikonversi (dituliskan dalam bentuk lain) yakni menjadi kode program.

Algoritma ini merupakan panduan bagi programmer, sebagai acuan dalam koding (melakukan programming). Sebagai contohnya adalah, ketika Anda akan membuat sebuah rutinitas fungsi. Rutinitas fungsi merupakan sebuah urutan perintah yang akan dijalankan oleh sebuah program. Ketika Anda membuat sebuah rutinitas fungsi dalam menangkap inputan yang diketikkan oleh user, contoh utuhnya misalnya form buku tamu, ketika user mengetikkan nama, email, alamat, dan komentar buku tamu, lalu mengklik tombol kirim, nah rutinitas fungsi yang menangkap input ini bentuk sebelumnya adalah algoritma. Jadi algoritma lah yang menyelesaikan rutinitas fungsi, menangkap hasil inputan yang dikirimkan oleh user, kemudian akan dibagaimanakan kah inputan tersebut. Apakah akan dimasukkan ke dalam database, kemudian di tampilkan, atau membutuhkan approval (aktivasi) sebelum ditampilkan, itu semua di definisikan (jabarkan) dulu dalam bentuk algoritma.

Sembari mendalami algoritma, Anda pun perlu menguatkan mindset (pemahaman) akan logika matematika. Karena ini sangat diperlukan sekali dalam dunia programming. Bukan berarti Anda harus pandai dalam matematika dahulu sebelum bisa programming, itu sama sekali tidak benar. Saya sendiri lemah dalam matematika, tapi sedikit bisa memainkan logika matematika mampu membuat kaffah.biz dalam waktu beberapa bulan. Jadi maju terus pantang mundur.

Logika matematika, dan belajar algoritma akan kita bahas di pertemuan berikutnya. Selamat bereksperimen.