Perkenalan dan Installasi WordPress

0 BYAdmin

Sebelum kita belajar lebih lanjut mengenai wordpress, pastinya Anda yang pernah bersurfing ria di dunia maya pernah sesekali atau seringkali mendengar istilah wordpress. Wordpress ini merupakan CMS yang cukup popular hingga saat ini bisa dibilang menghiasi sebagian besar website di Indonesia. Bahkan penulis pun sebelumnya pernah terlibat dalam migrasinya engine dibalik website Center for International Forestry Research, yang mana merupakan lembaga Swasta Internasional yang bermarkas besar di Bogor. Dan beberapa website besar pun menggunakan wordpress, yang tentunya sudah di optimize, di sana sini. 

Kita tidak akan bicara mengenai sejarah wordpress, Anda bisa search saja di wikipedia. Saya tidak akan mengutipnya, kita akan fokus saja ke dalam tutorial pembelajaran penggunaan wordpressnya. Jadi nantinya lebih ke praktiknya. Oke ya ?

Ada dua jenis wordpress yang beredar, pertama adalah layanan pembuatan blog, Anda bisa mengaksesnya pada wordpress.com, dan ada versi free software-nya yang bisa Anda download dan kostumisasi sendiri dilocalhost kemudian diupload ke hosting, agar bisa diakses menggunakan domain milik Anda sendiri.

Jika Anda registrasi di wordpress.com maka nantinya blog Anda akan memiliki nama namaanda.wordpress.com. Namun berbeda halnya jika Anda menggunakan yang free software, website Anda akan bisa di akses dengan domain Anda sendiri misalkan www.namaanda.com. Untuk domain sendiri paling tidak yang harus dimiliki adalah hosting dan domain. Jika Anda belum mengetahui hosting dan domain tidak apa. Akan dijelaskan dipertemuan selanjutnya.

Namun jika Anda ingin mencoba wordpress di PC Anda, maka Ada software yang perlu didownload terlebih dahulu, pertama adalah wordpress itu sendiri, dan yang kedua adalah webservernya, yakni xampp. Xampp merupakan web server yang nanti fungsinya seperti sebuah wadah, dimana tempat file-file dan database itu diletakkan, sehingga script php yang ada di tubuh wordpress bisa di eksekusi.

Pertama silahkan download terlebih dahulu wordpress yang terbaru di sini http://wordpress.org/latest.zip, lalu silahkan download xamppnya terlebih dahulu di sini https://www.apachefriends.org/download.html silahkan pilih XAMPP for windows lalu pilih yang versinya PHP 5.5.x. Mengikuti perkembangan zaman. :)

Setelah semua selesai di download, lalu silahkan langkah pertama adalah melakukan installasi XAMPP dan yang kedua adalah Installasi WordPressnya.

Installasi XAMPP

XAMPP merupakan sebuah web server paketan yang didalamnya sebetulnya terdapat bagian yang terpenting untuk menjalankan php dan mysql yang dimiliki oleh wordpress. Yakni web server Apache dan databasenya MySQL. Apache berfungsi untuk mengeksekusi script php, sedangkan mysql, sebagai tempat penyimpanan databasenya. Jadi ketika sebuah artikel wordpress diakses, maka sebetulnya dibaliknya itu yang bekerja adalah script php mengambil konten postingannya dari database database. Namun ketika artikel di simpan, maka database mysql lah yang bekerja menyimpan artikel tersebut, setelah sebelumnya dikirimi perintah di script phpnya. Jadi wordpress inilah yang nantinya menghasilkan Operasi CRUD (Create Read Update Delete) terhadap databasenya, tentunya berkaitan dengan postingan oleh user / admin lewat admin panel wordpressnya. Ya kurang lebih begitu lah ya. Untuk lebih jelasnya kita langsung masuk saja ke dalam prakteknya

Baiklah untuk bisa menginstall XAMPP yang perlu dilakukan adalah silahkan download terlebih dahulu XAMPP nya yang mana link downloadnya adalah berikut ini https://www.apachefriends.org/download.html. Anda bisa memilih untuk windows 32 bit, pilih yang php 5. Seperti pada gambar di bawah ini ... 

Oke setelah selesai di download langsung saja double file aplikasi tersebut, hingga muncul tampilan seperti ini nantinya 

yang kurang lebih artinya selamat datang di dalam proses installasi XAMPP, yang perlu Anda lakukan adalah klik next ..